Makanan yang harus dihindari saat menstruasi

Makanan yang harus dihindari saat menstruasi - Menstruasi atau datang bulang sering ditandai dengan perut keram, kondisi yang cenderung labil dengan emosi yang naik turun, sering merasa gelisah, serta sakit dibagian perut yang berbeda antara satu wanita dengan wanita lainnya. Ada yang merasakan sakit yang sangat, adapula yang biasa saja. Pengaruh perbedaan kondisi saat menstruasi ini bisa disebabkan banyak faktor, seperti kondisi stamina tubuh atau juga dari jenis makanan yang dikonsumsi. 

Makanan yang harus dihindari saat menstruasi

Makanan yang harus dihindari saat menstruasi
Makanan yang harus dihindari saat menstruasi

Pada faktanya ada beberapa makanan yang mempengaruhi kondisi seseorang wanita saat datang bulan. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari saat menstruasi :

Daging
Lemak yang ditemukan dalam daging sebagian besar adalah lemak jenuh yang dapat menyebabkan rasa sakit dan peradangan. Selain itu, ketika Anda sudah menderita kram, lemak jenuh dapat memperburuk rasa sakit. Daging menjadi makanan nomor satu pada daftar makanan yang harus dihindari saat menstruasi. Jika Anda tidak bisa menahan keinginan untuk makan daging, sebaiknya mengonsumsi daging rendah lemak seperti ikan.

Es krim
Es krim merupakan produk susu tinggi lemak dan karena itu memiliki efek yang sama seperti daging berlemak. Tentu saja ini juga berlaku untuk keju dan krim. Kurangi mengonsumsi es krim terlalu banyak saat menstruasi. Jika Anda tidak tahan ingin mengonsumsinya sebaiknya pilih es krim gelato non-dairy tanpa tambahan gula.

Makanan olahan
Meskipun makanan olahan adalah pilihan yang mudah tetapi makanan ini, seperti makanan ringan, keripik dan makanan kalengan sering mengandung natrium yang sangat tinggi dan menyebabkan kembung serta rasa tidak nyaman. Pilihlah camilan yang sehat sebagai gantinya. Sebagai contoh, segenggam kacang tawar adalah contoh camilan yang bisa dikonsumsi saat Anda menstruasi karena kacang bermanfaat mengurangi rasa lelah dan nyeri saat menstruasi.

Kopi
Jika Anda seorang pecandu kopi, mungkin hal yang sulit adalah mengurangi untuk mengonsumsinya. Padahal, kafein yang terkandung dalam minuman kopi bisa membuat menstruasi tidak teratur. Kafein juga bisa memperburuk kondisi tubuh saat menstruasi dan menyebabkan sulit tidur. 

Gula
Makanan manis, seperti permen dan kue memang bisa memperbaiki suasana hati, namun konsumsi berlebihan saat menstruasi hanya akan memperburuk rasa sakit dari kram. Jika Anda ingin mengonsumsi yang manis-manis sebaiknya konsumsi buah-buahan seperti melon, mangga, atau apel.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari saat menstruasi. Semoga bermanfaat
sumber http://life.viva.co.id/news/read/557077-wanita--sebaiknya-hindari-makanan-ini-saat-menstruasi